Minggu, 25 November 2012

dampak positif dan negatif komputer


Internet.. tentu kita tidak asing lagi dengan istilah tersebut bukan?? istilah internet tentu sering kita dengar atau bahkan kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ruang lingkup kurikulum pendidikan saat ini, internet tentu menjadi bagian terpenting untuk memecahkan persoalan antara jarak dan waktu bagi setiap orang khususnya remaja untuk menggali informasi yang sebesar-besarnya demi kepentingan pendidikan. Dalam memanfaatkan fasilitas internet tentu sangat dibutuhkan peran serta orang tua untuk mengawasi anak-anaknya, hal ini dimaksudkan untuk memperkecil resiko dari dampak negativ yang ditimbulkan internet bagi anak-anak yang memanfaatkan internet dengan tidak tepat. Dari hal tersebut tentu timbul pertanyaan dibenak kita.. Apa sih dampak positif dan negativ internet bagi pelajar?.
Sebelum mengetahui dampak positif dan negativ internet bagi pelajar, tentu kita juga harus mengerti terlebih dahulu pengertian dari istilah Internet. Internet dapat dikatakan sebagai media/ jaringan penghubung antara seseorang dengan orang lain yang tidak terbatas ruang dan waktu, atau dengan kata lain internet dapat digunakan sebagai media penghubung antara orang perorangan atau kelompok dengan kelompok lain baik didalam maupun diluar negri melalui akses yang tidak terbatas ruang dan waktu, sering disebut juga dengan istilah “dunia maya”.. bukan luna maya lohh!!.
Saat ini, walaupun internet memiliki dampak positif dan negativ bagi pelajar, namun tidak dapat dipungkiri bahwa internet merupakan bagian dari hidup kita sehari-hari bahkan termasuk bagian terpenting dalam pendidikan yang antara lain digunakan dalam proses pendaftaran sekolah dan perguruan tinggi yang dilakukan dengan cara online, dalam hal pembayaran transaksi atau e-banking untuk keperluan pembayaran BPP Pokok sekolah bahkan digunakan juga untuk mencari informasi penting yang berkaitan dengan pendidikan dan hubungan antara sesama lembaga pendidikan.
Dengan semakin luas dan bebasnya akses internet yang kini dapat digunakan dengan mudah, sehingga menuntut kita agar lebih berhati-hati dalam penggunaannya. Dengan adanya dampak positif dan negativ internet bagi pelajar tentu mengharuskan kita untuk berperan aktif untuk mengawasi penggunaan internet bagi kalangan pelajar disekitar kita. Berikut ini adalah gambaran mengenai dampak positif dan negativ internet bagi pelajar, yang antara lain ialah:

Dampak Positif Internet

Internet memberikan kemudahan bagi kita khususnya bagi para pelajar untuk melakukan penjelajahan international, dalam hal mencari informasi atau berhubungan dengan orang lain yang jauh dari kita demi kebutuhan ilmu pengetahuan. Pelajar juga dapat mengakses aplikasi download atau upload mengenai materi-materi kurikulum yang up to date. Dalam hal ini download berfungsi untuk mengambil data dari internet untuk dapat diakses dalam proses pengembangan ilmu pengetahuan. upload berguna untuk berbagi data dengan orang lain/ sesama pelajar yang juga sebagai pengguna internet tanpa ada batas ruang dan waktu.

Dampak Negativ Internet

Selain dapat memberikan dampak positif, internet juga dapat memberikan dampak negativ bagi pelajar. Dalam beberapa waktu ini tidak sedikit pelajar yang tertipu dan menghilang yang bermula dari perkenalan di jejaring sosial. Hal lain yang tidak kalah pentingnya ialah Pornografi yang saat ini menjadi sarana penghancur moral bangsa dengan memberikan pendidikan yang tidak semestinya diakses sendiri oleh para pelajar tanpa adanya pendamping.
Untuk mengurangi resiko dampak negatif pemakaian internet oleh pelajar, kita sebagai orang yang lebih dewasa harus rela berperan aktif untuk turut mengawasi pemakaian internet dari setiap pelajar yang berada disekitar kita. Dengan demikian maka internet akan dapat dijadikan sebagai sarana penting dalam kegiatan belajar-mengajar bagi kepentingan pendidikan di Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar